Google Yahoo Msn

makalah Isu lingkungan global

Written By Azhar MZ on Tuesday, February 28, 2012 | Tuesday, February 28, 2012



Isu lingkungan global

  1. Pendahuluan
Keadaan suhu di bumi ini sekarang ini semakin hari semakin panas kita rasakan.suhu pun tidak stabil. Cuaca yang tidak menentu membuat kehidupan di muka bumi ini terancam.pembangunan gedung-gedung besar dan tinggi serta pembabatan hutan secara liar merupakan salah satu penyebab makin panasanya suhu bumi karena tidak seimbangnya kadar karbon dioksida di udara dengan polusi yang di timbulkan oleh mesin-mesin industri,asap kendaraan,dan lain-lain.
  1. Pembahasan
Jika kita lihat tajuk perbincangan ini, ianya merupakan satu tajuk yang meluas dan banyak aspek boleh dibincangkan. Tetapi jika kita renung dan teliti dengan sedalam-dalamnya maka kita dapati satu perkara yang perlu diambil kira adalah pada perkataan 'memerlukan penelitian bersama' .Berdasarkan kepada isu yang hendak dibincangkan 'memerlukan penelitian bersama' membawa maksud bahawa , isu pencemaran yang merupakan isu global ini perlu dibincangkan, difikirkan dan ditangani bersama-sama di peringkat antarabangsa . Ini adalah kerana masalah pencemaran yang berlaku di seluruh dunia ini pernah, sedang dan akan dialami oleh semua negara . Jadi langkah-langkah bijak perlu dirancangkan bagi mengatasi masalah ini . diantara beberapa isu kami akan membahas 3 sub bahasan isu alam global

a.   Ayat Al-Quran dan Hadits Nabi
Dalam menyusun makalah, kami melandaskan makalah kami kepada beberapa ayat al-Quran dan juga Sunnah nabawiyah
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".(al-Baqarah : 30)
Dan ayat lain dalam al-quran
ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).(Ar-Rum 41)
Dan hadits nabi yang artinya:
“Tidak akan tiba hari kiamat hingga manusia dihujani dengan hujan secara merata, tetapi bumi tidak menumbuhkan sesuatu

b.   Pemanasan global
        Apakah pemanasan global itu? Secara singkat pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata per-mukaan bumi. Pertanyaannya adalah: mengapa suhu permukaan bumi bisa meningkat?
Penyebab Pemanasan Global
Penelitian yang telah dilakukanpara ahli selama beberapa dekade ter-akhir ini menunjukkan bahwa ternyata makin panasnya planet bumi terkait langsung dengan gas-gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktiftas manusia.Khusus untuk mengawasi sebab dan dampak yang dihasilkan oleh pemanasan global, PerserikatanBangsa Bangsa (PBB) membentuk sebuah kelompok peneliti yang disebut dengan International Panel on Climate Change (IPCC). Setiap beberapa tahun sekali, ribuan ahli dan peneliti peneliti terbaik dunia yang tergabungdalam IPCC mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan penemuan-penemuan terbaru yang berhubungandengan pemanasan global, dan membuat kesimpulan dari laporan dan penemuan-penemuan baru yang berhasil dikumpulkan, kemudian membuat persetujuan untuk solusi dari masalah tersebut .Salah satu hal pertama yang mereka temukan adalah bahwa beberapa jenis gas rumah kaca bertanggung jawab langsung terhadap pemanasan yang kita alami, dan manusialah kontributor terbesar dari terciptanya gas-gas rumah kaca tersebut. Kebanyakandari gas rumah kaca ini dihasilkan olehpembakaran bahan bakar fosil padakendaraan bermotor, pabrik-pabrik modern, peternakan, serta pembang-kit tenaga listrik.
c.    Efek rumah kaca
        Efek rumah kaca atau dalam bahasa inggris disebut dengan green house effect ini dulu berasal dari pengalaman para petani yang tinggal di daerah beriklim sedang yang memanfaatkan rumah kaca untuk menanam sayur mayur dan juga bunga-bungaan di karenakan didalam rumah kaca suhunya lebih tinggi dari pada diluar rumah kaca.suhu di dalam rumah kaca bisa lebih tinggi dari pada diluar ,karena cahaya matahari yang menembus kaca akan di pantulkan kembali oleh benda-benda di dalam ruangan rumah kaca dan tidak bercampur dengan udara dingin di luar rumah kaca tersebut.
Penyebab efek rumah kaca
        Efek rumah kaca di sebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer.kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak,batu bara, dan bahan organic lainnya yang melampaui kemampuan tumbuh-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.selain gas CO2,yang dapat menimbulkan efek rumah kaca adalah belerang dioksida,NO dan NO2 serta beberapa senyawa organic seperti metana,dan CFC(klorofluorokarbon).gas-gas tersebut memegang peranan penting dalam meningkatkan efek rumah kaca.
     Akibat efek rumah kaca
        Meningkatnya suhu permukaan bumi akan mengakibatkan adanya perubahan iklim yang sangat ekstrim di bumi. Hal ini dapat mengakibatkan terganggunya hutan dan ekosistem lainnya ,sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida di atmosfer.menurut perhitungan simulasi, efek rumah kaca telah meningkatkan suhu rata-ratabumi 1-5 ºC.bila kecenderungan peningkatan gas rumah kaca tetap seperti sekarang akan menyababkan peningkatan pemanasan global antara 1,5º-4,5ºC sekitar tahun 2030.dengan meningkatnya konsentrasi gas CO2 di atmosfer ,maka akan semakin banyak gelombang panas yang di pantulkan dari permukaan bumi di serap atmosfer .hal ini akan mengakibatkan suhu permukaan bumi menjadi meningkat.
d.   Lubang ozon
        Ozon adalah salah satu gas yang membentuk atmosfer. Molekul oksigen (O2) yang dengannya kita bernapas membentuk hampir 20% atmosfer. Pembentukan ozon (O3), molekul triatom oksigen kurang banyak dalam atmosfer di mana kandungannya hanya 1/3.000.000 gas atmosfer.
        Lubang ozon adalah berkurang atau menipsnya permukaan ozon dikarenakan beberapa factor daiantaranya pemansan global.
        Pengukuran latar dan satelit menunjukkan pengurangan signifikan terhadap jumlah kolom ozon pada musim dingin dan panas bagi kedua hemisfer utara dan selatan pada garis lintang tengah dan tinggi. Didapati aliran ke bawah ini pada tahun 1980 agak besar bila dibandingkan dengan tahun 1970. Tiada statistik aliran signifikan dapat ditentukan bagi kawasan tropika semasa tahun 1980.
        Dengan kemajuan komputer model bagi pemusnahan stratosfer ozon dapat menjelaskan pemerhatian aliran jumlah ozon di ketinggian pertengahan pada musim panas, tetapi hanya sebagian darinya pada musin sejuk. Ini bermakna pada masa depan perubahan global ozon belum bisa diramalkan lagi.
e.    Solusi permasalahan isu alam global
                                                              i.      Batasi emisi bahan karbon dioksida
                                                            ii.      Menanam pohon lebih banyak
                                                          iii.      Daur ulang dan gunakan ulang
                                                          iv.      Gunakan alat transportasi alternatif untuk mengurangi emisi karbon


















  1. Penutup
a.      Kesimpulan
Kelalaian sebagian manusia hingga hari ini berakibat pada kondisi alam yang semakin memburuk sebagai contohnya   pemanasan global, efek rumah kaca dan lubang ozon sehingga suhu bumi saat ini tidak stabil.
Maka dari itu perlulah kita mengambil beberapa langkah untuk mengurangi dampak isu negative alam global diantaranya:
                                                              i.            Batasi emisi bahan karbon dioksida
                                                            ii.            Menanam pohon lebih banyak
                                                          iii.            Daur ulang dan gunakan ulang
                                                          iv.            Gunakan alat transportasi alternatif untuk mengurangi emisi karbon
b.      Saran
Seperti pepatah “Tak  ada yang sempurna di dunia ini”, begitu pula dengan makalah ini. Hanya inilah yang bisa kami tulis. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam makalah ini. Jadi kami mohon kritik dan saran sehat dari anda. Terima kasih









  1. Daftar pustaka
Anonim. isu pencemaran alam sekitar merupakan satu isu global yang memerlukan penelitian bersama di peringkatantarabangsa . bincangkan. n.d. 28 februari 2012 <http://www.scribd.com/doc/49584685/isu-pencemaran-alam-sekitar-merupakan-satu-isu-global-yang-memerlukan-penelitian-bersama-di-peringkat-antarabangsa>
S, Agus R. dan Rudy. Scribd. April 2008. 28 Februari 2012 <http://www.scribd.com/doc/3780121/pemanasanglobal>.





1 comment:

obat kencing manis said...

postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Post a Comment